Cara Transfer Data Dari Android Ke Komputer Tanpa Kabel Data

Topik ini mungkin sudah sering dijelaskan di berbagai situs. Tapi khusus untuk pengguna Xiaomi disini, kita akan bahas bagaimana cara transfer data dari Android ke komputer tanpa menggunakan kabel data dan hanya menggunakan aplikasi bawaan yang ada pada HP Xiaomi.

Transfer data melalui kabel USB memang sebenarnya lebih praktis dan cepat tapi ada waktu dimana Anda terpaksa harus mentransfer data ke komputer tanpa USB misalnya ketika kabel USB Anda rusak atau Anda mungkin merasa malas bergerak untuk mencari kabel data USB Anda.

Nah, adapaun cara yang kita gunakan di artikel ini yaitu menggunakan aplikasi Explorer bawaan Xiaomi dengan memanfaatkan fitur FTP. Apa itu FTP ? FTP adalah File Transfer Protocol atau semacam jalur khusus untuk mentransfer file antar perangkat. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa baca tentang pengertian FTP di Wikipedia.

Langsung sajatanpa basa basi, ikuti langka-langkahnya hnya dibawah ini :

Persiapan :

  1. Koneksi Wifi (Baik HP dan komputer harus dihubungkan ke WiFi yang sama, misalnya Wifi kantor atau Wifi dari HP lain asalkan bukan dari Wifi HP itu sendiri)
  2. Aplikasi Explorer bawaan Xiaomi.

Langkah-langkah :

  1. Sambungkan HP dan komputer ke Wifi yang sama
  2. Buka aplikasi Explorer di HP Anda, dan cari ikon “FTP”.
  3. Tap “Start Server”.
  4. Pilih storage yang ingin dibuat FTP (untuk dilihat di komputer). Misalnya pilih SDCARD. Setelah itu akan muncul alamat FTP di kotak orange.
  5. Selanjutnya, buka Windows Explorer di Komputer Anda.
  6. Pada adress bar, masukan alamat FTP yang sudah didapat pada langkah 4 diatas (misalnya ftp://192.168.1.1:2121) lalu tekan enter.
  7. Sesaat setelah itu, Anda akan melihat daftar file dari storage yang sudah Anda pilih. Disini Anda sudah bisa mengcopy, memindahkan, atau menghapus file yang Anda inginkan.
  8. Setelah selesai, jangan lupa Stop Server di aplikasi Explorer di HP.

Mudah bukan ? sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan praktis untuk mentransfer data di Android tanpa kabel USB yaitu dengan menggunakan aplikasi ShareIT, namun jika Anda tidak ingin mendownload aplikasi pihak ketiga di HP Anda, maka cara diatas bisa Anda coba.

Semoga bermanfaat !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.