AirDroid
AirDroid

Cara transfer data dari HP Xiaomi tanpa kabel memang tak diketahui oleh banyak orang. Hal ini karena umumnya ketika seseorang ingin memindahkan data dari smartphone mereka, dibutuhkan kabel data atau USB sebagai media untuk menghubungkan antara smartphone dan PC.

Lantas bagaimana jika ternyata saat ini para pengguna smartphone Xiaomi tak perlu lagi kabel data hanya sekedar untuk memindahkan data-data dari smartphone ke PC? Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan diulas tentang beberapa untuk memindahkan data dari HP Xiaomi tanpa Kabel, baik ke PC ataupun ke smartphone lainnya.

Cara Mudah Transfer Data dari Smartphone Xiaomi ke PC tanpa Menggunakan Kabel Data

Berbicara tentang cara memindahkan data dari smartphone ke PC atau smartphone lain tanpa kabel, tentu Anda dapat memanfaatkan berbagai media lain, baik itu media berbasis aplikasi atau melalui Bluetooth. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat membaca ulasan berikut ini.

1. Menggunakan Bluetooth

Cara pertama adalah dengan memanfaatkan media bluetooth. Ini adalah cara termudah untuk transfer data dari satu smartphone ke smartphone atau laptop. Hanya saja, untuk laptop, syarat utama yang harus dimiliki adalah adanya aplikasi bluetooth pada laptop tujuan. Untuk cara ini, waktu yang dibutuhkan dalam transfer data dapat dikatakan cukup lama, tergantung dari besar atau tidaknya ukuran file yang dipindah tersebut.

Bluetooth
Bluetooth

Lantas bagaimana dengan PC? Apakah dapat menggunakan cara ini? Tentu saja bisa, namun syaratnya harus ada hardware bluetooth eksternal untuk memunculkan aplikasi bluetooth tersebut. Hal ini karena pada dasarnya PC atau komputer dekstop tak memiliki perangkat bluetooth yang terpasang di dalamnya.

2. Memanfaatkan Aplikasi

Cara transfer data dari HP Xiaomi tanpa kabel yang selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi tersebut dapat diperoleh dengan mudah di Play Store. Syarat yang harus dipenuhi dalam langkah ini adalah laptop atau PC telah terkoneksi pada jaringan internet, baik itu melalui Wifi atau kabel LAN.

Adapun nama aplikasi yang dapat Anda manfaatkan adalah AirDroid. Di antara sekian banyak aplikasi serupa, AirDroid adalah juaranya karena terdapat berbagai macam fitur di dalamnya. Untuk cara pindah data dari smartphone Xiaomi ke PC tanpa kabel dengan aplikasi AirDroid, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

AirDroid
AirDroid
  • Terhubung pada Jaringan Internet yang Sama

Pastikan bahwa smartphone Xiaomi dan laptop/PC terhubung pada jaringan internet yang sama. Hal ini akan memudahkan proses pemindaian perangkat sehingga dapat saring melakukan sharing.

  • Masukkan Alamat IP

Ketika kedua perangkat, smartphone dan laptop/PC, masuk pada aplikasi AirDroid, secara otomatis PC akan memunculkan alamat IP. Selanjutnya, masukkan alamat IP tersebut pada smartphone Xiaomi Anda.

  • Mulai Melakukan Akses pada File di Smartphone

Ketika alamat IP yang dimasukkan sudah terkoneksi pada PC, maka tampilan aplikasi AirDroid di PC adalah seperti ini.

Tampilan di atas merupakan mirroring dari tampilan layar smartphone Anda. jika Anda perhatikan, pada layar PC semua aplikasi yang terinstal dapat dilihat di sana.

  • Cari Toolbox

Langkah selanjutnya, lihat di sisi kanan tampilan PC. Di sana terdapat toolbox yang dapat digunakan untuk men-deploy APK sampai mengupload file dari PC ke smartphone Xiaomi.

  • Transfer File dari Smartphone Xiaomi ke PC

Sedangkan untuk melakukan transfer file dari Xiaomi ke PC, Anda hanya perlu mengklik icon dengan tulisan ‘files’. Apabila masuk pada menu ‘files’, maka tampilan file smartphone sama halnya ketika Anda menggunakan kabel USB untuk menghubungkan smartphone ke PC. Apabila Anda ingin mengambil file tersebut, cukup klik kanan pada file yang diinginkan dan pilih ‘unduh’.

Itulah sedikit langkah yang dapat dilakukan untuk memindahkan file dari smartphone Xiaomi ke PC tanpa menggunakan kabel. Sekedar informasi, Anda pun dapat memindahkan semua file dari PC ke smartphone menggunakan aplikasi ini. Caranya, cukup klik pada aplikasi yang diinginkan, kemudian pilih ‘upload’.

Sangat mudah, kan? Dengan cara transfer data dari HP Xiaomi tanpa kabel di atas, Anda tak perlu lagi khawatir ketika lupa untuk membawa USB ketika ingin memindahkan data, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.