System Update xiaomi notification
System Update xiaomi notification

Bagi setiap pengguna Xiaomi yang tak ingin repot-repot melakukan upgrade versi MIUI, pasti mencari cara upgrade MIUI 8 ke 9 tanpa komputer. Hal ini karena ketika Anda melakukan upgrade dengan cara flashing, pasti membutuhkan banyak tools yang harus diunduh sehingga akan menghabiskan banyak kuota internet. Selain itu, proses upgrade dengan cara flashing juga memiliki kemungkinan gagal di tengah proses karena terutama ketika kabel data atau USB yang digunakan tidak sesuai.

Berbeda dengan beberapa cara upgrade versi MIUI yang akan dijelaskan pada kesempatan kali ini. Anda tak perlu lagi menggunakan komputer, cukup unduh tools yang dibutuhkan pada smartphone Xiaomi atau juga dapat memanfaatkan aplikasi updater yang sudah terinstall pada Xiaomi.

Mengenal tentang Tipe ROM Xiaomi

Tipe ROM Xiaomi
Tipe ROM Xiaomi

Untuk smartphone dari vendor Xiaomi sendiri, terdapat dua tipe ROM yakni Fastboot ROM dan Recovery ROM. Dua tipe ROM ini memiliki fungsi yang sama yakni untuk flashing atau update smartphone Xiaomi pada versi terbaru. Hanya saja, untuk cara menggunakannya berbeda.

Recovery ROM hanya digunakan untuk melakukan langkah flashing dengan memanfaatkan TWRP Recovery atau System Update dan Mi Recovery. Tipe ROM yang satu ini berfungsi untuk melakukan update terhadap sistem, jadi semua data yang terdapat pada smartphone pun aman selama proses update dilakukan.

Sedangkan Fastboot ROM merupakan tipe ROM yang digunakan ketika Anda flashing Xiaomi dengan menggunakan PC. Adapun tools pelengkap tipe ROM ini adalah MiFlash Tools. Sifat dari Fastboot ROM adalah melakukan install ulang sehingga dapat dipastikan data yang masih tersimpan di dalam smartphone Xiaomi juga akan ikut terhapus. Tak hanya itu saja, Fasbtoot ROM juga digunakan untuk memperbaiki Xiaomi yang mati total atau bootloop.

Metode Upgrade MIUI 9 yang Dapat Anda Lakukan

Upgrade MIUI 9
Upgrade MIUI 9

Mengenai cara upgrade MIUI 8 ke 9 tanpa komputer, setidaknya terdapat 4 metode atau cara yang dapat Anda lakukan. Seperti yang dijelaskan di atas, ketika melakukan metode update MIUI dengan memanfaatkan system update, data yang terdapat pada perangkat tidak akan hilang. Hanya saja Anda juga harus berjaga-jaga apabila nantinya terhadap masalah pada data tersebut dengan cara melakukan back up. Adapun beberapa metode upgrade MIUI 9 yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

Dengan System Update

Cara pertama adalah menggunakan sistem update. Cara yang satu ini tak membutuhkan tools apapun. Anda hanya perlu memeriksa notifikasi pembaruan pada perangkat. Untuk metode upgrade yang satu ini dapat dilakukan untuk ROM MIUI versi 5,6,7, dan 8 Beta Developer ataupun Stable. Jika Anda menggunakan versi versi Beta, maka Anda hanya dapat update dari Beta ke Beta saja. Jadi apabila Anda tetap memaksakan untuk update ROM Beta menjadi ROM Stable, pada umumnya akan muncul notifikasi error seperti gambar di bawah ini.

System Update xiaomi notification
System Update xiaomi notification

Anda hanya perlu memeriksa sendiri apakah perangkat Xiaomi Anda dapat melakukan update otomatis ini atau tidak. Jika berhasil, biasanya akan muncul pemberitahuan seperti ini.

Jika muncul notifikasi seperti gambar di atas, cukup pilih ‘Erase and Update’ dan tunggu hingga proses upgrade selesai. Disarankan selama melakukan proses ini, smartphone Xiaomi memiliki baterai lebih dari 70 persen. Hal ini agar nantinya smartphone tidak mati di tengah proses update MIUI 9.

Menggunakan Flashing System Update

Cara yang kedua yakni dengan download ROM Official dari Xiaomi sesuai dengan tipe Xiaomi yang ingin Anda upgrade. Apabila file MIUI 9 sudah Anda download, maka pindahkan file tersebut pada memori internet. Kemudian ubah nama file tersebut menjadi ‘downloaded_rom’. Langkah berikutnya, buka aplikasi updater yang terdapat pada perangkat Xiaomi.

xiaomi System Update

Anda juga dapat melakukan metode yang satu ini dengan masuk pada menu setting > about phone > system updates.

Setelah aplikasi updater terbuka, maka Anda dapat klik 3 titik yang berada di bagian pojok kanan atas aplikasi. Selanjutnya klik ‘Choose Update Package’.

Langkah berikutnya, cari file ROM yang sudah Anda rename menjadi ‘downloaded_rom’ tadi. Secara otomatis, perangkat Xiaomi akan melakukan update dan restart berkali-kali hingga proses update selesai.

Itulah cara upgrade MIUI 8 ke 9 tanpa komputer yang dapat berjalan pada semua jenis perangkat Xiaomi.