Langkah Update Xiaomi Note 4X dan Note 4 ke MIUI 9
Langkah Update Xiaomi Note 4X dan Note 4 ke MIUI 9

Cara upgrade MIUI 9 Redmi Note 4X dan Note 4 dapat dikatakan mudah untuk dilakukan. Anda bahkan dapat memilih media seperti apa yang ingin digunakan, apakah itu dengan media PC ataupun tanpa PC.

Sebenarnya alasan mengapa banyak pengguna Xiaomi yang ingin melakukan update MIUI ke versi 9 adalah karena versi MIUI terbaru dapat berjalan lebih stabil apabila dibandingkan dengan versi sebelumnya. Tak hanya itu saja, user interface yang diusung oleh versi MIUI 9 pun lebih menarik. Untuk itulah, pada kesempatan kali ini akan diulas tentang langkah upgrade MIUI 9 pada perangkat Xiaomi.

Bagaimana Langkah Update Xiaomi Note 4X dan Note 4 ke MIUI 9?

Saat membaca ulasan ini, Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa fokus pembahasan tentang cara upgrade MIUI 9 hanya khusus untuk Xiaomi Note 4 dan Note 4 saja? Hal ini karena dua tipe produk Xiaomi tersebut menjadi produk yang paling awal dapat merasakan MIUI 9 apabila dibandingkan dengan tipe Xiaomi lainnya.

Langkah Update Xiaomi Note 4X dan Note 4 ke MIUI 9
Langkah Update Xiaomi Note 4X dan Note 4 ke MIUI 9

Adapun cara yang dapat dilakukan untuk upgrade versi MIUI yang ada pada Redmi Note 4X ataupun Xiaomi Note 4, Anda dapat menggunakan 2 cara. Pertama yakni dengan menggunakan PC dan yang kedua tanpa menggunakan PC. Hanya saja pada kesempatan kali ini cara yang akan diulas adalah dengan menggunakan PC.

Update MIUI 9 dengan PC/Komputer

Update MIUI 9 dengan menggunakan komputer/PC memang dapat dikatakan lebih ribet karena Anda harus mempersiapkan banyak hal mulai dari komputer, tools, serta kabel data original Xiaomi. Cara yang satu ini dapat dikategorikan sebagai proses flashing smartphone karena semua data yang terdapat di dalam smartphone akan ikut terhapus dan smartphone dikembalikan pada setelan pabrik.

MiFlash Tools
MiFlash Tools

Untuk melakukan upgrade MIUI versi 9 menggunakan media PC/komputer, Anda perlu memanfaatkan Fastboot Mode pada Xiaomi. Gunakan cara ini jika perangkat Xiaomi yang Anda miliki menggunakan ROM Custom/unlock bootloader ataupun ROM Official versi MIUI 7 dan MIUI 8 dengan tipe Stable ROM. Selain itu, cara flashing atau upgrade Xiaomi Redmi Note 4X dan Xiaomi Note 4 ini juga menjadi solusi apabila smartphone tak dapat update secara otomatis. Untuk mengetahuinya, pada umumnya akan muncul pesan seperti di bawah ini ketika Anda hendak update smartphone.

Adapun persyaratan yang harus Anda penuhi sebelum update adalah sebagai berikut:

  • Pastikan Anda menggunakan laptop dengan OS Windows 7 ke atas
  • Baterai smartphone minimal 70%
  • Hanya gunakan kabel data original Xiaomi. Namun apabila tidak memungkinkan, maka gunakan kabel data dengan kualitas terbaik agar nantinya tidak terjadi masalah putus koneksi ketika proses update dilakukan.
  • Lakukan back up terhadap data-data penting dalam smartphone.

Setelah semua persyaratan tersebut terpenuhi, kini saatnya melangkah pada cara upgrade MIUI 9 Redmi Note 4X dan Note 4 yang dapat Anda lakukan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Download MiFlash Tools versi terbaru
  • Download ROM Fastboot untuk Redmi Note 4X ataupun Note 4
  • Install Xiaomi Android USB Driver pada laptop
  • Install MiFlash Tools
  • Apabila ada pemberitahuan seperti ini, pilih saja ‘Install this driver anyway’.
  • Langkah selanjutnya adalah membukat aplikasi MiFlash Tools yang sudah Anda download tadi.
  • Langkah berikutnya, sambungkan smartphone Xiaomi pada PC dengan kabel data/USB. Matikan smartphone dan masuklah pada Fastboot Mode dengan cara menekan perpaduan tombol volume down + power secara bersamaan. Tunggu hingga muncul gambar seperti di bawah ini.
  • Selanjutnya, pada aplikasi MiFlash Tools, pilih tombol refresh
  • Adapun tanda bahwa perangkat Xiaomi Anda terdeteksi oleh MiFlash Tools adalah ketika di kolom device muncul nama yang terdiri dari angka serta huruf
  • Pada langkah selanjutnya, pilih tombol Select serta arahkan pada folder tempat dimana Anda menyimpan hasil ekstrak ROM yang telah Anda download di awal. Sebagai informasi, ROM yang tepat dan lengkap adalah ROM yang di dalamnya terdapat folder images serta beberapa file batch

Selanjutnya, klik OK

  • Pada bagian paling bawah aplikasi, pastikan Anda memilih ‘Clean All’
  • Apabila sudah, maka saatnya klik Flash

Langkah selanjutnya adalah menunggu proses upgrade MIUI 9 pada smartphone Xiaomi Redmi Note 4X dan Redmi Note 4 berjalan. Pada umumnya, proses ini tak berlangsung lebih dari 15 menit. Semoga ulasan tentang cara upgrade MIUI 9 Redmi Note 4X dan Note 4 di atas bermanfaat.