Mi Cloud

Meskipun saat ini jumlah pengguna smartphone Xiaomi terbilang sangat banyak, namun hanya sedikit Mi Fans yang mengetahui fitur fitur tersembunyi di Mi Cloud. Mi Cloud sendiri merupakan sebuah layanan data dari vendor Xiaomi yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan semua data pada server Xiaomi, melakukan sinkronisasi data, hingga melacak keberadaan smartphone Xiaomi yang hilang. Sebagai salah satu fitur yang sangat berguna, tentu saja setiap pengguna Xiaomi harus mengetahui berbagai fungsi yang dimiliki oleh Mi Cloud.

Mi Cloud dan Fungsinya

Mi Cloud
Mi Cloud

Seperti yang dijelaskan di atas, Mi Cloud merupakan layanan data yang terhubung langsung pada server Xiaomi. Aplikasi ini memiliki beberapa fungsi, di antaranya adalah:

Menyimpan dan Sinkronisasi Data Pengguna

Fungsi pertama dari Mi Cloud adalah sebagai media untuk menyimpan data smartphone pengguna pada server Xiaomi. Dengan adanya fungsi ini, maka pengguna tak perlu lagi khawatir apabila ingin menyimpan foto, video, ataupun dokumen yang dianggap penting. Dengan sistem keamaan yang kuat, maka pengguna Xiaomi tak perlu lagi khawatir tentang data-data yang tersimpan di Mi Cloud.

 Sinkronisasi Data Pengguna
Sinkronisasi Data Pengguna

Selain itu, Mi Cloud juga dapat dimanfaatkan sebagai media sinkronisasi data. Hal ini berguna pada pengguna Xiaomi yang membeli smartphone Xiaomi baru namun ingin melakukan sinkronisasi terhadap data-data lama mereka pada smartphone baru. Hanya perlu log in di Mi Cloud, maka semua data lama dapat tersinkronisasi pada smartphone baru.

Menikmati Aplikasi MiTalk

MiTalk
MiTalk

Sekedar informasi, Mi Talk merupakan sebuah aplikasi Xiaomi yang memungkinkan pengguna untuk chatting bersama dengan pengguna Xiaomi lain di seluruh dunia. Dengan adanya aplikasi ini, pengguna Xiaomi pun dapat mendapatkan pemberitahuan ataupun update terbaru smartphone mereka.

Melacak Keberadaan Perangkat

Fungsi terakhir Mi Cloud adalah melacak keberaan perangkat Xiaomi yang hilang, baik itu dicuri ataupun jatuh di jalan. Dalam hal ini, pengguna hanya perlu mengakses situs www.i.imi.com kemudian masuk menggunakan akun Mi Cloud, baik melalui komputer ataupun smartphone lain. Setelah itu, pengguna dapat melacak dimana lokasi smartphone mereka yang hilang bahkan dapat mengunci dan menutup akses pada smartphone.

Itulah beberapa fungsi yang dimiliki oleh Mi Cloud. Dengan fungsi tersebut, maka disarankan bagi setiap pengguna Xiaomi untuk mendaftarkan diri pada akun Mi Cloud demi keamanan serta kenyamanan dalam menggunakan smartphone.

Fitur Rahasia yang Dimiliki oleh Mi Cloud

Setelah mengetahui tentang fungsi utama Mi Cloud, Anda juga harus tahu mengenai fitur rahasia seperti apa saja yang dimiliki oleh layanan data Xiaomi tersebut. Adapun fitur fitur tersembunyi di Mi Cloud adalah sebagai berikut:

Menyimpan Kontak pada Smartphone

Kontak pada Smartphone
Kontak pada Smartphone

Fitur pertama, Mi Cloud dapat digunakan untuk menyimpan seluruh kontak yang terdapat pada smartphone Anda. Dengan fitur tersembunyi ini, Anda tak perlu lagi khawatir akan kehilangan kontak ataupun memindahkan kontak satu per satu apabila menggunakan smartphone Xiaomi yang baru. Pada Mi Cloud, Anda bahkan dapat melakukan beberapa aktivitas seperti import/export kontak, memilah duplikat kontrak, bahkan mengembalikan kontak yang telah terhapus dari smartphone Anda.

Menyimpan Catatan

menyimpan catatan di Mi Cloud
menyimpan catatan di Mi Cloud

Fitur tersembunyi yang kedua, semua catatan yang dibuat di smartphone akan secara otomatis tersimpan di Mi Cloud begitu smartphone terhubung ke jaringan Wifi. Hal ini akan sangat berguna apabila sewaktu-waktu Anda mencari catatan yang dibutuhkan dengan komputer. Pada fitur ini, Anda dapat melihat semua catatan yang masih tersimpan di smartphone, mengembalikan catatan yang telah terhapus, hingga menambahkan catatan via Mi Cloud.

Upload Pesan secara Otomatis

Upload Pesan Otomatis Mi Cloud
Upload Pesan Otomatis Mi Cloud

Fitur tersembunyi selanjutnya, pesan-pesan pada smartphone Anda juga dapat diakses melalui Mi Cloud. Dalam hal ini, Anda tak perlu lagi takut menghapus semua pesan karena dengan Mi Cloud, semua pesan yang terhapus dapat dikembalikan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan Mi Cloud untuk menulis serta mengirim pesan via PC/Laptop.

Menyimpan Semua Rekaman

Tak hanya pesan, kontak, dan catatan, Mi Cloud juga memiliki fitur tersembunyi yang dapat digunakan untuk menyimpan semua rekaman yang berasal dari smartphone, termasuk rekaman telepon.

Dengan fitur-fitur di atas, maka pengguna Xiaomi yang memiliki akun Mi Cloud dapat mengakses semua data yang pernah ada pada smartphone mereka. Demikian ulasan mengenai fitur fitur tersembunyi di Mi Cloud yang harus Anda ketahui, semoga bermanfaat.