Xiaomi Cepat Panas
Xiaomi Cepat Panas

Penyebab HP Xiaomi cepat panas – Xiaomi terkenal sebagai smartphone dengan spesifikasi tinggi dan berkualitas. Terlebih lagi, vendor Xiaomi terus merilis smartphone keluaran terbarunya sehingga terus berinovasi dan berkembang. Namun, hal yang seringkali timbun pada smartphone ini yakni panas pada badan hp karena proses yang berlebihan.

Di samping itu, kebanyakan para pengguna smartphone Xiaomi menggunakan hpnya untuk gaming yang menghabiskan banyak RAM dan menguras tenaga CPU secara berlebihan. Oleh karena itu, banyak komplain mengenai cepat panasnya bodi smartphone Xiaomi saat ini. Namun, ternyata permasalahan cepat panas ini dapat diatasi dengan beberapa metode. Sebelum membahas mengenai tips- tips dalam Penyebab HP Xiaomi cepat panas, berikut ini penyebab panasnya hp Xiaomi kalian.

Penyebab Xiaomi Cepat Panas

 Xiaomi Cepat Panas
Xiaomi Cepat Panas
  1. Penggunaan Aplikasi Yang Berlebihan

Penggunaan aplikasi yang berlebihan adalah salah satu penyebab utama smartphone Xiaomi cepat panas. Hal ini dikarenakan proses yang berjalan di background maupun launch menguras banyak tenaga prosesor dan menghabiskan RAM. Dengan begitu, smartphone Xiaomi kalian akan mengalami overheating atau cepat panas karena melakukan task yang banyak dan berlebihan.

Hal ini sama seperti ketika kalian berpikir tentang sesuatu yang rumit secara terus menerus. Otak kalian akan panas dan pusing setelahnya. Nah, oleh karena itu, hindarilah menginstal aplikasi yang tidak perlu dan menguras energi. Hal ini juga dikhawatirkan akan merusak daya tahan baterai Xiaomi kalian, jadi cobalah untuk selalu cermat dalam pemilihan aplikasi.

  1. Ponsel Xiaomi Kalian Menggunakan Prosesor Mediatek

Meskipun Xiaomi tidak dikenal sebagai smartphone “setrika”, namun pada tipe Xiaomi yang tidak belum menggunakan prosesor Snapdragon atau dengan kata lain menggunakan Mediatek akan mendapatkan smartphone yang mudah panas meskipun hanya penggunaan aplikasi dengan performa sedang.

  1. Pemakaian Secara Terus Menerus Tanpa Henti

Xiaomi memanglah smartphone yang memiliki spesifikasi ponsel menengah ke atas, namun pemakaian yang berlebihan tetaplah akan memboroskan baterai dan daya tahan smartphone kalian. Selain itu, pemakaian ponsel Xiaomi secara terus menerus tanpa henti akan mempercepat panasnya bodi hp kalian. Dengan demikian, cobalah untuk mengistirahatkan smartphone kesayangan kalian lebih sering lagi, untuk menjaga daya tahan baterai dan menjaga suhu bodi tetap stabil.

Cara Mengatasi Cepat Panasnya Smartphone Xiaomi

  1. Update ROM/ Firmware
Update Firmware xiaomi
Update Firmware xiaomi

Tips Penyebab HP Xiaomi cepat panas yang pertama yakni rutinlah dalam meng-update pembaruan MIUI. Hal ini bertujuan untuk memperbarui aplikasi dan fitur default dari smartphone Xiaomi kalian. Dengan proses update ini, diharapkan dapat memperbaiki kinerja mesin dan aplikasi yang menjalankannya. Dengan kata lain, update firmware akan membantu smartphone kalian untuk mendapatkan kondisi yang maksimal dan mengatasi masalah- masalah mesin seperti cepat panas.

  1. Hapus Aplikasi Berjalan di Background

Apa itu aplikasi background? Aplikasi background adalah aplikasi yang beroperasi di belakang layar. Aplikasi- aplikasi tersebut biasanya berupa aplikasi berat yang sangat intens dalam memberikan notifikasi umum. Contoh aplikasi background ini seperti Whatsapp, Instagram, Facebook, dan lainnya.

Hapus Aplikasi Berjalan di Background
Hapus Aplikasi Berjalan di Background

Dengan demikian, pilihlah dengan cermat mengenai aplikasi berat tersebut yang sesuai kebutuhan dan efektif. Hindarilah penginstalan banyak aplikasi background pada smartphone Xiaomi kalian. Bahkan, dengan banyaknya aplikasi background yang terinstal, bukan hanya menjadikan smartphone kalian menjadi lemot, namun akan menghabiskan baterai ponsel kalian bahkan sebelum kalian sempat menggunakannya.

Oleh karena itu, hapus saja aplikasi background yang tidak diperlukan. Meskipun itu aplikasi default dari pihak Xiaomi, apabila aplikasi tersebut serasa tidak bermanfaat, maka jangan ragu untuk menonaktifkannya.

  1. Fitur Health

Xiaomi memiliki fitur terbaru yang mencegah smartphone menyimpan dan memperlambat kinerja, yakni aplikasi Health yang disediakan dari pabrik. Aplikasi Health juga merupakan salah satu cara mengatasi HP Xiaomi cepat panas yang paling efektif. Terlebih lagi, aplikasi ini membantu smartphone kalian untuk  menjaga keamanan dari virus, mempercepat kinerja smartphone, menghapus cache, dan lainnya. Gunakanlah fitur pemberian dari pihak Xiaomi tersebut untuk memperoleh manfaat yang mantap.

Nah, demikianlah ulasan lengkap mengenai Penyebab HP Xiaomi cepat panas. Semoga pembahasan di atas dapat membantu kalian dalam menstabilkan suhu ponsel Xiaomi kesayangan kalian. Selamat mencoba!