Spesifikasi Xiaomi Mi 6
Spesifikasi Xiaomi Mi 6

Spesifikasi Xiaomi Mi 6 – Pada bulan April 2017 lalu, vendor smartphone asal Tiongkok, Xiaomi, mengeluarkan produk terbarunya yang bernama Xiaomi Mi 6. Seperti yang kita tahu, smartphone ini memang semakin terkenal di kalangan masyarakat menengah ke bawah. Bagaimana tidak? Dengan mengusung spesifikas yang sangat mumpuni, produk-produk Xiaomi kerap dibandrol dengan harga yang terjangkau. Untuk itu, bagi Anda yang tertarik dengan Xiaomi Mi 6, berikut adalah spesikasi lengkap yang diusung oleh smartphone ini.

Body dan Tampilan

Spesifikasi Xiaomi Mi 6
Spesifikasi Xiaomi Mi 6

Untuk dimensi body, Xiaomi Mi 6 mengusung dimensi sebesar 145.2 x 70.5 x 7.5 mm dengan berat 168 gram. Jika dibandingkan dengan produk lainnya, smartphone ini memang tergolong cukup berat karena terdapat lapisan keramik pada bodinya. Fitur dual SIM (dual stand by) juga disematkan pada smartphone ini.

Pada ukuran layar, Xiaomi Mi 6 menggunakan layar berukuran 5.15 inchi dengan rasio hingga 73.1% dari total ukuran bodinya. Layar tersebut memiliki resolusi 1080 x 1920 pixel dan didukung oleh fitur multi touch. Dengan resolusi yang terbilang sangat tinggi untuk smartphone, maka gambar yang dapat ditampilkan pun akan sangat jernih. Terlebih tipe layar yang digunakan adalah IPS LCD capacitive touch screen dengan 16 juta warna. Untuk memberikan proteksi selama penggunaan smartphone, Corning Gorilla Glass 4 juga turut dipasang pada layar.

Mesin dan Dapur Pacu

Spesifikasi Xiaomi Mi 6 yang juga penting untuk diketahui adalah mengenai mesin dan dapur pacunya. Sebagai smartphone baru, Xiaomi Mi 6 tentunya menggunakan OS Android v7.1.1 Nougat sebagai sistem operasinya. Sedangkan pada bagian chipset, tak berbeda dengan produk terbaru lain dari Xiaomi, smartphone ini menggunakan chipset Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835.

Spesifikasi Xiaomi Mi 6 terbaru
Spesifikasi Xiaomi Mi 6 terbaru

Pada bagian dapur pacu, pengguna tak perlu lagi takut mengalami macet atau lag saat bermain game berat. Hal ini karena Xiaomi Mi 6 menggunakan CPU Octa Core (4 CPU berkecepatan 2.45 GHz dan 4 CPU berkecepatan 1.9 GHz). Hal ini karena vendor Xiaomi ingin memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya saat menjalankan aplikasi berat. Pada segi grafis, sepertinya vendor Xiaomi masih setia dengan GPU Adreno 540.

Memori Penyimpanan

Beralih pada memori penyimpanan, smartphone asal Tiongkok ini memberikan pilihan pada pengguna karena terdapat dua jenis memori dengan ukuran berbeda pada Xiaomi Mi 6. Pertama adalah memori internal berkapasitas 64/128 GB dengan RAM 6 GB. Kedua adalah memori internal sebesar 64 GB yang dilengkapi RAM 4 GB. Apabila dilihat sekilas, dengan ukuran memori dan RAM yang begitu besar, maka smartphone ini dapat dikategorikan smartphone paling tangguh yang dapat dijadikan pilihan.

Hal yang sangat disayangkan adalah tak terdapat slot Micro SD atau memori eksternal pada tipe smartphone besutan Xiaomi ini. Ini tentu akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi mereka yang ingin membeli Xiamoi Mi 6. Meski demikian, dengan ukuran memori internal yang terbilang sangat besar, sebenarnya cukup untuk menginstall berbagai aplikasi dan menyimpan banyak data.

Kamera

kamera Xiaomi Mi 6
kamera Xiaomi Mi 6

Ulasan tentang spesifikasi Xiaomi Mi 6 yang tentu ditunggu-tunggu adalah kamera yang disematkan di dalamnya. Namun sangat disayangkan karena resolusi kamera yang ada pada smartphone ini terbilang standar. Bagaimana tidak? Pada kamera utama, pengguna disediakan kamera beresolusi 12 MP dan pada depan, terdapat kamera dengan resolusi 8 MP.

Tapi sepertinya Anda tak perlu kecewa terlebih dahulu karena fitur yang disediakan pada dual kamera ini terbilang sangat mumpuni untuk mengabadikan semua moment penting bersama orang tercinta. Fitur pada kamera utama adalah 2x optical zoom, dual LED flash, phase detection autofocus, HDR. Tak hanya itu saja, kamera belakang ini juga mampu menghasilkan resolusi video maksimal sebesar 2160p@30fps. Lihat perbedaan ketajaman gambar di atas.

Daya Baterai dan Harga

Daya baterai yang digunakan pada Xiaomi Mi 6 terbilang cukup besar, yakni 3350 mAh. Sedangkan tipe baterai yang digunakan adalah non-removable Li-Po. Daya baterai ini sangat besar apabila dibandingkan dengan Mi Series lainnya. Adapun harga yang dibandrol oleh Xiamoi Mi 6 adalah 4,8 jutaan hingga 5,8 jutaan tergantung besarnya memori internal dan RAM yang dipilih.

Dilihat dari ulasan tersebut, produk ini lebih fokus dalam dapur pacu demi menampilkan performa maksimal saat digunakan.Itulah sedikit ulasan tentang spesifikasi Xiaomi Mi 6 sebagai smartphone terbaru, tertarik mencobanya?