Xiaomi Redmi 5X Red Edition
Xiaomi Redmi 5X Red Edition

Pamor smartphone asal vendor asal Tiongkok, Xiaomi Mobile, seolah tak pernah redup terlebih banyak pengamat smartphone yang mencari spesifikasi Xiaomi Redmi 5X Red. Padahal smartphone tipe ini belum resmi rilis. Namun menurut bocoran dari berbagai sumber, spesifikasi yang diusung oleh Xiaomi Redmi 5X terbilang sangat gahar. Tak heran banyak yang penasaran seperti apa dapur pacu smartphone ini.

Secara garis besar, sebagai keluarga Redmi, Xiaomi Redmi 5X dilengkapi dengan layar luas dengan kamera bening dan tentunya dapur pacu yang sangat bagus. Tak hanya itu saja, pada produk ini, kapasitas baterai yang digunakan pun cukup besar yakni 4000 mAh. Nah, daripada penasaran dengan spesifikasi lengkap Xiaomi Redmi 5X, simak ulasan berikut.

Desain Layar dan Tampilan Xiaomi Redmi 5X Red

Seperti ingin menunjukkan desain elegan dari produknya, vendor asal Tiongkok ini menyematkan layar sebesar 5.5 inchi bertipe IPS LCD capacitive Touchscreen dengan resolusi 1080×1920 pixel. Layar ini mampu menghasilkan 16 juta warna dengan kerapatan yang cukup bagus. Untuk dimensinya, Xiaomi Redmi 5X mengusung body dengan bahan full metal sehingga terlihat elegan.

Xiaomi Redmi 5X Red Edition
Xiaomi Redmi 5X Red Edition

Untuk melindungi layar dari goresan, pengguna akan disajikan pelindung layar Corning Gorilla Glass 4. Adapun jaringan yang didukung oleh smartphone ini adalah GPRS, 3G, dan 4G LTE. Dengan demikian, kecepatan berselancar di dunia maya pun akan semakin mengagumkan. Selain itu, juga terdapat fitur hybrid dual SIM dengan jenis nano SIM card.

Mesin dan Dapur Pacu yang Mengagumkan

Spesifikasi Xiaomi Redmi 5X Red yang tentunya ditunggu-tunggu oleh pencinta smartphone asal Tiongkok ini memang terbilang cukup menawan. Meskipun apabila dibandingkan dengan beberapa produk seperti Xiaomi Redmi 4 atau Mi Max 2, dapur pacu smartphone ini masih sekelas di bawahnya.

kamera Xiaomi Redmi 5X Red Edition
kamera Xiaomi Redmi 5X Red Edition

Adapun sistem operasi yang digunakan adalah OS Android v7.0 Nougat dengan MIUI 9 yang merupakan sistem operasi terbaru dari Xiaomi. Dengan sistem operasi ini, maka User Interface smartphone dapat tampil lebih ringan. Pada bagian chipset, Xiaomi Redmi 5X masih menggunakan Snapdragon 625 yang di dalamnya terdapat CPU Octa Core berkecepatan 2.0 GHz.

Sedangkan untuk dapat mengoperasikan aplikasi berat atau game HD dengan lancar, pengguna dapat memanfaatkan RAM 3 GB yang ditanamkan pada smartphone ini. Mesin inilah yang akan memberikan pengalaman menarik saat menjalankan aplikasi sehingga pengguna tak perlu lagi takut mengalami lag atau lemot. Pada bagian grafis, GPU Adreno 506 tetap setia dalam menampilkan grafis mulus pada smartphone ini.

Memori Penyimpanan Besar dengan Kamera Jernih

Pada segi memori penyimpanan, terdapat memori internal dengan kapasitas 32 GB yang dapat digunakan. Ukuran memori ini terbilang cukup besar apabila dibandingkan dengan saudaranya yang lain. Namun apabila pengguna merasa kurang dengan memori tersebut, tak perlu khawatir karena Xiaomi Redmi 5X juga menyediakan slot micro SD. Adapun kapasitas yang diberikan adalah maksimal sebesar 256 GB untuk memori eksternal.

kamera Xiaomi Redmi 5X Red Edition
kamera Xiaomi Redmi 5X Red Edition

Sedangkan spesifikasi Xiaomi Redmi 5X Red pada bagian kamera adalah dual kamera super bening. Untuk kamera utama, pengguna dapat mengandalkan kamera beresolusi 13 MP untuk mengabadikan gambar ataupun video. Kamera utama ini dibekali dengan fitur LED flash dan autofocus serta dapat menghasilkan video HD beresolusi 1080p@30fps.

Tak hanya itu saja, terdapat kamera depan beresolusi 5 MP bagi mereka yang suka melakukan selfie. Jika dilihat sekilas, resolusi kamera depan ini terbilang sangat standar untuk smartphone terbaru yang akan dikeluarkan oleh Xiaomi.

Daya Baterai Awet untuk Menjalankan Aplikasi

Kapasitas daya baterai juga menjadi hal yang cukup penting sebagai pertimbangan dalam memilih smartphone. Semakin besar daya yang diberikan oleh smartphone, maka akan semakin awet pula smartphone tersebut digunakan. Untuk itulah pihak developer Xiaomi Redmi 5X menyediakan non-removable battery Li-Ion berkapasitas 4000 mAh.

Harga Xiaomi Redmi 5X Red

Setelah mengetahui spesifikasi Xiaomi Redmi 5X Red, Anda tentu juga harus tahu berapa kira-kira harga yang akan dibandrol untuk produk ini. Sebagai produk yang belum resmi rilis, belum ada kepastian harga dari vendor Xiaomi. Namun apabila dilihat dari spesifikasinya, maka kemungkinan besar harga yang akan dikeluarkan untuk produk ini adalah sekitar 2 jutaan.

Meskipun spesifikasi Xiaomi Redmi 5X tak terlalu gahar seperti apa yang diharapkan oleh pencinta smartphone canggih, namun dapur pacu tersebut cukup gahar dalam melakukan multitasking. Demikian sedikit ulasan tentang spesifikasi Xiaomi Redmi 5X Red.