Straighten Photo
Straighten Photo

Tips memotret menggunakan kamera ganda xiaomi – Urusan fotografi sekarang ini tak lagi didominasi oleh kamera DSLR. Hanya bermodalkan smartphone, kita juga sudah bisa menghasilkan karya foto dan video bak profesional. Apalagi dengan adanya teknologi dan fitur kamera ganda pada smartphone Xiaomi yang semakin memaksimalkan hasil jepretan kita.

Dan bagi Anda yang sudah memiliki smartphone Xiaomi dengan kamera ganda, maka sangat dianjurkan membaca ulasan di bawah ini. Kami akan memberi tips memotret menggunakan kamera ganda Xiaomi agar karya fotografi Anda semakin memukau.

Maksimalkan Fitur Bokeh

Memaksimalkan fitur bokeh
Memaksimalkan fitur bokeh

Dengan menggunakan kamera ganda, itu artinya Anda bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh. Efek bokeh sendiri merupakan efek yang membuat foto Anda terlihat sangat fokus pada objek tertentu, namun bagian belakang objek atau background akan terlihat blur. Foto dengan efek seperti ini akan menghasilkan karya yang terlihat lebih dramatis dan terkesan profesional seperti dipotret menggunakan kamera DSLR.

Untuk memaksimalkan fitur bokeh Anda bisa memotret objek dengan jarak sekitar 2 meter. Setelah itu tekan layar smartphone pada area objek untuk memfokuskan kamera. Sedangkan area background akan otomatis blur dan menghasilkan efek bokeh yang maksimal.

Potret dari Jarak Jauh untuk Hasil Wide Sempurna

Hasil Wide yang sempurna
Hasil Wide yang sempurna

Memotret menggunakan kamera ganda juga memungkinkan Anda untuk menghasilkan foto yang lebih wide. Kamera mampu menangkap gambar secara lebih luas daripada hanya mengandalkan satu lensa kamera saja. Apalagi jika Anda mengkombinasikannya dengan mode panorama, maka hasil jepretan pun akan terlihat lebih natural dan profesional.

Untuk hasil yang maksimal pastikan Anda mengenggam smartphone dengan baik agar hasil foto tidak shaking dan tetap fokus. Selain itu kondisi pencahayaan yang melimpah juga akan membuat hasil foto Anda lebih baik.

Pahami Rule of Three

Dalam sebuah ilmu fotografi, kita mengenal istilah ‘Rule of Three’. Istilah ini mengacu pada komposisi gambar yang mana harus imbang antara setiap sisinya. Seperti contohnya ketika Anda memotret suatu objek, maka objek tersebut harus berada di tengah layar dan lurus simteris dengan area background di sisi kiri maupun kanannya.

Straighten Photo
Straighten Photo

Anda bisa mengasah kepekaan terhadap Rule of Three dengan mengaktifkan mode straighten pada smartphone Xiaomi. Mode ini akan menampilkan garis kotak-kotak pada bagian layar kamera sehingga Anda bisa menyeimbangkan komposisi objek yang dipotret. Dengan cara ini, hasil foto akan lebih berkualitas dan nyaman dilihat.

Maksimalkan Kontras dan Saturasi Warna

Kamera ganda pada Xiaomi juga bisa Anda maksimalkan dengan cara mengatur tingkat saturasi dan kontras warna agar gambar terlihat lebih hidup. Dengan pengaturan yang pas, jepretan Anda mampu menghasilkan foto terbaiknya. Untuk mengaturnya kedua hal ini, Anda juga harus menyesuaikannya dengan kondisi cahaya.

Apabila berada di area outdoor dengan kondisi cahaya berlimpah, tingkat saturasi dan kontras sebaiknya dinaikkan sedikit saja agar cahaya yang masuk tidak terlalu over. Begitupun sebaliknya jika dirasa cahaya kurang maksimal, tingkat saturasi dan kontras bisa dinaikkan lebih banyak.

Jangan Gunakan Zoom Digital

Efek Zoom smartphone
Efek Zoom smartphone

Tips memotret menggunakan kamera ganda Xiaomi yang terakhir adalah dengan memastikan bahwa Anda memotret tanpa menggunakan zoom digital. Hal ini berfungsi agar gambar tidak pecah dan tetap mampu menghasilkan resolusi terbaikna. Pada umumnya kita memang memanfaatkan fitur zoom ini untuk dapat mengambil gambar objek dengan lebih dekat. Tetapi sebaiknya Anda lansgung mendekat kepada objek daripada harus menggunakan zoom digital.

Berbeda jika smartphone Anda seperti kamera DSLR yang mampu menggunakan zoom optical. Pada zoom optical, kamera akan mengambil gambar dengan lebih dekat secara murni menggunakan kemampuan lensa. Sehingga tidak ada rekayasa cropping pada gambar tersebut. Berbeda halnya jika menggunakan zoom digital, maka kemera akan memotong gambar untuk diperbesar. Dan tak jarang hasil gambarnya menjadi pecah dan tidak natural.

Nah, itulah ulasan seputar beberapa tips memotret menggunakan kamera ganda xiaomi yang bisa kami bagikan untuk Anda. Pastikan Anda terus mengasah kemampuan fotografi agar semakin peka terhadap timing dan objek. Dengan demikian, bukan tidak mungkin Anda mampu menghasilkan karya fotografi yang baik walau hanya bermodalkan smartphone saja.