error kode (0xffffffff) flashing xiaomi
error kode (0xffffffff) flashing xiaomi

Mengatasi Flash Xiaomi Muncul Unspecified Error (0xffffffff) – Flashing merupakan salah satu cara yang biasanya dilakukan oleh pengguna Xiaomi ketika ingin mengubah ROM bawaan menjadi ROM Global atau bahkan kembali lagi ke ROM China. Dengan melakukan flashing, maka pengguna pun dapat lebih leluasa untuk melakukan pengaturan terkait sistem dari smartphone tersebut sendiri. Hanya saja, tak semua langkah flashing berhasil dengan mudah. Ada kalanya muncul pesan error yang nantinya akan mempengaruhi kondisi smartphone sendiri. Salah satu masalah yang paling sering muncul ketika proses flashing berjalan adalah unspecified error (0xffffffff).

Lantas bagaimana cara mengatasinya? Untuk itulah, Anda harus menyimak ulasan berikut ini hingga akhir agar masalah tersebut dapat diatasi dengan mudah.

Tutorial Mengatasi Unspecified Error saat Flashing Xiaomi

Sebagai informasi, tutorial yang satu ini berlaku untuk semua jenis smartphone Xiaomi. Sebenarnya untuk smartphone lain yang juga mengalami masalah serupa, cara ini juga dapat diterapkan. Hanya saja untuk software yang disediakan pun berbeda-beda tergantung dari merk smartphone tersebut.

error kode (0xffffffff) flashing xiaomi
error kode (0xffffffff) flashing xiaomi

Untuk error kode (0xffffffff) sendiri memang hanya terjadi ketika proses flashing sedang dilakukan. Bagi orang yang belum pernah melakukan flashing smartphone sendiri mungkin akan panik ketika muncul pesan error tersebut ketika flashing dilakukan. Hal ini karena error kode akan membuat proses flashing berhenti atau gagal. Akibat yang paling parah dari masalah ini adalah smartphone menjadi mati total dan tak dapat digunakan. Untuk itulah, sebaiknya Anda memahami betul cara yang diterapkan dalam mengatasi masalah tersebut.

Langsung saja, untuk mengatasi flash Xiaomi muncul unspecified error (0xffffffff), Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, download Tool.zip yang khusus untuk smartphone Xiaomi dengan tipe tertentu. Jadi misalnya Anda menggunakan Xiaomi Redmi Note 4, maka carilah Tool.zip yang dikhususkan untuk Redmi Note 4. Hal ini karena masing-masing Tool.zip untuk mengatasi error code tersebut berbeda-beda di tiap tipe smartphone.
  2. Kedua, download MiFlash. Untuk software yang satu ini, berlaku global. Dalam arti tak ada MiFlash khusus tipe Xiaomi tertentu. Semua tipe Xiaomi dapat menggunakan MiFlash yang dapat Anda dapatkan di situs MIUI yakni en.miui.com.
  3. Langkah selanjutnya adalah download jenis ROM yang ingin Anda terapkan pada smartphone Anda, baik itu ROM Global ataupun ROM China. Untuk informasi, ROM China atau juga dikenal dengan ROM Developer merupakan ROM bawaan smartphone yang memang hanya menyediakan bahasa China dan Inggris. Sedangkan ROM Global merupakan ROM yang berlaku di seluruh negara yang menggunakan produk Xiaomi, termasuk Indonesia.
  4. Apabila ketiga bahan-bahan di atas sudah didownload, maka extract semuanya di komputer Anda. Untuk ROM sendiri, hal penting yang harus ada di dalamnya adalah folder Images serta beberapa batch file. Apabila saat proses extract tidak terdapat folder dan file tersebut, maka Anda harus mencari ROM lain.
  5. Install software MiFlash pada komputer
  6. Matikan smartphone Xiaomi Anda dan masuklah ke mode fast boot. Caranya, ketika smartphone sedang dalam keadaan mati, maka tekan tombol volume down dan power bersamaan. Terus tekan hingga smartphone bergetar dan muncul beberapa menu mode pilihan. Pilihlah mode fast boot.
  7. Sambungkan smartphone tersebut pada komputer yang telah terinstall. Pada langkah ini, pastikan smartphone terdeteksi di komputer. Sebaiknya Anda menggunakan kabel data asli Xiaomi agar nantinya tidak terjadi masalah ketika proses flashing dimulai. Kabel data yang tidak asli tentu memiliki kemungkinan terputus koneksi di tengah jalan.
  8. Selanjutnya, buka aplikasi Tool.zip tadi. Cari batch file seperti yang ada pada gambar di bawah ini.
folder mi fastboot
folder mi fastboot

system cmd exe

9. Buka software MiFlash yang tadi telah didownload

error kode (0xffffffff) flashing xiaomi
error kode (0xffffffff) flashing xiaomi

10. Klik ‘browse’ dan carilah folder ‘Images’ pada ROM yang tadi Anda download

11. Setelah itu, klik tanda panah yang terdapat di samping menu ‘browse’. Selanjutnya, pilih ‘Advanced dan arahkah menuju folder ROM. Kemudian pilih file bernama ‘Flash All’.

12. Klik menu ‘Refresh’ agar smartphone Xiaomi Anda terdeteksi di MiFlash.

13. Pada bagian paling bawah MiFlash, centang bagian ‘Flash All’ dan kemudian klik ‘Flash’.

14. Tunggu hingga beberapa saat sampai proses flashing selesai dilakukan. Pada umumnya, waktu yang dibutuhkan untuk flashing tidak lebih dari 15 menit. Pada proses ini, sangat tidak dianjurkan untuk mencabut kabel data hingga proses flashing selesai.

15. Apabila muncul pemberitahuan ‘The Operation Completed Successfully’, maka berarti proses flashing tersebut berhasil dilakukan.

Itulah beberapa langkah mengatasi flash Xiaomi Muncul Unspecified Error (0xffffffff), semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.