Pengaturan APN xiaomi

Ketika smartphone Xiaomi tidak bisa connect internet, Anda mungkin akan panik dan mencari solusi untuk mengatasinya. Hal ini karena ketika smartphone tak dapat terhubung ke internet, maka ada beberapa faktor yang mempengaruhinya mulai dari kesalahan pada pengaturan, ROM smartphone, atau mungkin pada hardware penerima sinyal pada smartphone. Dengan kata lain, bukan berarti ketika smartphone tak dapat terhubung ke internet menjadi indikator bahwa smartphone tersebut rusak. Untuk itulah, pada kesempatan kali ini akan diulas tentang bagaimana cara mengatasi smartphone Xiaomi yang tak dapat terhubung ke internet.

Penyebab Xiaomi Tidak Dapat Terkoneksi ke Internet

Sebelum mengulas lebih jauh tentang bagaimana langkah mengatasi smartphone Xiaomi yang tak dapat terkoneksi ke jaringan internet, akan lebih baik apabila Anda mengetahui apa saja penyebab dari masalah ini. Pada umumnya, masalah ini muncul ketika Anda selesai melakukan update MIUI atau sistem android namun belum benar-benar fix. Hal ini akan menyebabkan masalah yang cukup merepotkan, salah satunya adalah smartphone tak dapat terkoneksi ke jaringan internet dengan baik.

xiaomi tidak konek ke internet
xiaomi tidak konek ke internet

Selain itu, penyebab lain yang juga akan membuat smartphone bermasalah terkait jaringan internet adalah flashing dengan ROM yang tak sesuai. Seperti yang kita tahu, flashing merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pengguna yang ingin menambahkan dan mengurangi fitur yang terdapat pada smartphone berbasis android. Dengan cara ini, maka pengguna dapat lebih leluasa untuk mengatur tentang bagaimana sistem android tersebut.

Hanya saja, sebaiknya langkah flashing dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman agar nantinya tidak muncul masalah seperti ini. Tak hanya itu saja, upaya root smartphone Xiaomi juga dapat mengakibatkan masalah hilangkanya koneksi smartphone ke jaringan internet karena kartu tak dapat terbaca.

Tips Mengatasi Xiaomi yang Tak Dapat Terhubung ke Jaringan Internet

Untuk mengatasi permasalahan yang satu ini, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan mulai dari memeriksa pengaturan APN hingga memeriksa apakah SIM card atau bahkan slot pada smartphone yang mengalami masalah. Adapun beberapa langkah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

Memperbaiki Pengaturan APN

Pengaturan APN xiaomi
Pengaturan APN xiaomi

Cara yang satu ini menjadi solusi terbaik apabila ternyata masalah Xiaomi tidak bisa connect internet disebabkan karena pengaturan yang kurang tepat pada APN. Hal ini biasanya terjadi ketika smartphone dikembalikan pada pengaturan pabrik atau memang koneksi terputus dengan sendirinya karena masalah cara flashing. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti langkah-langkah:

  • Masuk pada menu Pengaturan/Setting.
  • Setelah itu, pilihlah menu ‘SIM Cards & Mobile Networks’.
  • Pilih menu Access Point Names. Pada menu ini, lihatlah daftar APN pada smartphone Xiaomi tersebut.
  • Gulir layar hingga ke bagian paling bawah dan pilihlah ‘Reset’.
  • Langkah terakhir, restart smartphone Anda dan pastikan apakah kartu yang digunakan sudah dapat terkoneksi ke jaringan internet atau tidak.

Apabila langkah ini tidak berhasil, maka kemungkinan terjadi kerusakan yang lebih parah baik pada bagian kartu SIM ataupun sistem pada smartphone sendiri.

Menghapus Cache pada Smartphone

 xiaomi cache
xiaomi cache

Jika langkah di atas tak dapat mengatasi masalah koneksi internet, maka Anda dapat mencoba menghapus semua cache yang terdapat pada smartphone. Adapun cara yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Cleaner yang sudah terpasang pada smartphone. Ini adalah aplikasi bawaan smartphone sehingga Anda tak perlu lagi mendownloadnya di Play Store.
  • Setelah itu, pilihlah Deep Clean dan hapus semua cache yang ada di dalam smartphone.
  • Apabila proses pembersihan sudah selesai, maka Anda dapat restart smartphone dan cobalah apakah Xiaomi sudah dapat terkoneksi ke internet atau tidak.
  • Jika ternyata smartphone tetap tak dapat terkoneksi ke internet, maka Anda dapat mencoba fitur Wipe Cache Data.

Coba Pindahkan SIM Card ke Smartphone Lain

mengganti SIM Card Xiaomi
mengganti SIM Card Xiaomi

Apabila dua langkah di atas tetap tak memberikan pengaruh pada smartphone Anda, maka Anda mungkin dapat melakukan langkah yang satu ini. Cobalah untuk memindahkan SIM card yang tak dapat terkoneksi ke internet ke smartphone lain. Apabila ternyata dapat digunakan di smartphone lain, maka yang bermasalah adalah smartphone Xiaomi Anda. Sebaliknya, apabila ternyata setelah dipindahkan SIM card tetap tak dapat terhubung, maka kerusakan terdapat pada SIM card tersebut.

Setidaknya itulah beberapa cara mengatasi Xiaomi tidak bisa connect internet, semoga bermanfaat.